5 Kawah Hantaman Asteroid Terbesar Sepanjang Sejarah

 On Senin, 04 November 2013  

Asteroid-asteroid besar lainnya pernah menghantam Bumi, membentuk kawah raksasa. Berikut adalah daftar kawah raksasa hasil hantaman asteroid dan asteroid yang menghantamnya.

1. Kawah Vredefort

5 Lubang Asteroid Terbesar

[serba5.com] - Kawah ini diakibatkan oleh hantaman asteroid pada 2 miliar tahun lalu. Lokasi kawah itu di Afrika selatan.Kawah ini berukuran 190 km, menjadi kawah tumbukan terbesar di muka Bumi. Pada tahun 2005 UNESCO menyatakan kawah ini sebagai Situs Warisan Dunia.

2. Cekungan Sudbury



[serba5.com] - Cekungan ini terbentuk oleh hantaman asteroid 1,8 miliar tahun lalu. Lokasinya di ontario, Kanada. Cekungan ini termasuk salah satu yang terbesar dan tertua, berukuran mencapai 130 juta tahun lalu.

3. Kawah Woodleigh



[serba5.com] - Kawah ini strukturnya sulit diamati lagi dari permukaan sehingga klaim ukurannya bervariasi, mulai 40 - 120 km. Diperkirakan, kawah ini terbentuk akibat hantaman asteroid 364 juta tahun lalu di wilayah Australia bagian barat.

4. Kawah Manicouagan



[serba5.com] - Kawah ini berukuran 100 km. Berlokasi di Quebec, Kanada, kawah ini kini disebut danau Manicauagan. Kawah terbentuk akibat hantaman asteroid pada masa 215 juta tahun lalu.

5. Kawah Kara

[serba5.com] - beberapa pihak menyebut, kawah ini terdiri dari dua kawah berbeda, kara dan Ust-Kara. Berlokasi di Nenetsia, Rusia, kawah ini terbentuk akibat hantaman asteroid 70,3 juta tahun lalu.

5 Kawah Hantaman Asteroid Terbesar Sepanjang Sejarah 4.5 5 Janaka News Senin, 04 November 2013 Asteroid-asteroid besar lainnya pernah menghantam Bumi, membentuk kawah raksasa. Berikut adalah daftar kawah raksasa hasil hantaman asteroid...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar